Sabtu, 03 Oktober 2015

EVOLUSI SIBK (Sistem Informasi Berbasis Komputer)

Sistem informasi berbasiskan komputer (SIBK) atau Computere Base Information System (CBIS) merupakan sistem Informasi yang menggunakan dan memanfaatkan kemampuan komputer dalam melaksanakan tugas guna pencapaian tujuan sebuah SI.

a.      Konsep Dasar SIBK

Tugas–tugas yang dilakukan komputer disebut aplikasi. Istilah sistem sering  digunakan. Pada awalnya, satu-satunya aplikasi koputer adalah pengolahan data. Komputer dikenal sebagai peralatan yang dapat menghasilkan informasi untuk pengambilan keputusan manajemen.
Usaha awal untuk menerapkan komputer dalam areal bisnis terfocus pada data. Pendekatan dilakukan pada masalah informasi dan pendukung keputusan. Dan sekarang ini pemfokusan diarahkan pada komunikasi dan konsultasi

  • Fokus awal pada data, Pengolahan  Data Elektronik (EDP) kemudian berubah menjadi Data prosesing (DP) dan Sistem Informasi Akuntansi (S IA).
  • Fokus baru pada informasi, Konsep penggunaan komputer sebagai S IM.
  • Fokus revisi pada pendukung keputusan, Sistem pendukung keputusan
  • Fokus pada Komunikasi, perhatian difokuskan pada otomatisasi kantor
  • Fokus potensial pada konsultasi, contoh Sistem Pakar


b.      Model SIBK

 Manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan informasi. Informasi disajikan secara lisan atau tulisan oleh suatu pengolah informasi. Porsi komputer dalam pengolah informasi terdiri dari tiap area aplikasi yang berbasis komputer – SIA, SIM, DSS, OA, dan ES. Sistem informasi berbasis komputer (computer-based information system) atau CBIS digunakan untuk menggambarkan lima subsistem yang menggunakan computer.

c.       Pemakai SIBK
Pemakai SIBK terdiri atas 3, yaitu:
·         para manajer
·         non manajer
·         orang-orang dan organisasi lingkungan perusahaan

d.      Sub sistem SIBK
Macam2  Sistem Informasi Berbasiskan Komputer
1. Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
2. Sistem Penunjang Keputusan (SPK)
3. Sistem Informasi Manajemen (SIM)
4. Otomatisasi Kantor (OA)
5. Sistem Pakar (SP)


1.Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
yaitu: Suatu sistem informasi yang melakukan proses pengumpulan data dan pengolahan /pemprosesan data-data transaksi keuangan perusahaan yang bersifat historis.


Ciri-2 / Karakhteristik SIA :
• Melaksanakan tugas yang diperlukan
• Menggunakan prosedur yang standart
• Menangani data yang rinci
• Berfocus pada histori
• Menyadiakan informasi pemecah masalah

Tugas pengolahan data :
• Pengumpulan data
• Manipulasi data (pengklasifikasian,penyortiran,penghitungan,pengikhtisaran)
• Penyimpanan data
• Penyiapan dokumen


Laporan / informasi yang dihasilkan  SIA :
• Jurnal L/R
• Jurnal Umum
• Neraca Saldo.
• Dll

2. Sistem Penunjang Keputusan (SPK)
 Sistem penunjang keputusan adalah :
Suatu sistem informasi yang membantu pihak manajemen dalam melakukan penyelesaian masalah yang bersifat semi terstruktur.

Ciri-2 /Karakteristik SPK :
• Menyelesaikan Maslah semi terstruktur
• Analisa canggih
• Sistemnya friendly dengan user

3. Sistem Informasi Manajemen (SIM)
Merupakan sistem informasi yangmenghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen
Sistem informasi Manajemen adalah serangkaiansub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan.

4. Otomatisasi Kantor
Otomatisasi kantor yaitu :
Pengoptimalan kemampuan komputer dalam melaksanakan pekerjaan pada suatu kantor.

Ciri-2 otomatisasi kantor :
-Segala hal yang berbau kertas dirubah ke dalam bentuk file
-Efisien

Ruang lingkup Otomatisasi Kantor :
• e-mail                                    * Audio conference
• Voice mail                            * Faximili
• Video converence                 * d l l
• Video text

• Pencitraan

5. Sistem Pakar
Merupakan sistem informasi yangmenghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen
Sistem informasi Manajemen adalah serangkaiansub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai denganmgaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar