Sistem informasi berbasiskan komputer (SIBK) atau Computere
Base Information System (CBIS) merupakan sistem Informasi yang menggunakan dan
memanfaatkan kemampuan komputer dalam melaksanakan tugas guna pencapaian tujuan
sebuah SI.
a. Konsep Dasar SIBK
Tugas–tugas yang dilakukan komputer disebut aplikasi.
Istilah sistem sering digunakan. Pada awalnya, satu-satunya aplikasi
koputer adalah pengolahan data. Komputer dikenal sebagai peralatan yang dapat
menghasilkan informasi untuk pengambilan keputusan manajemen.
Usaha awal untuk menerapkan komputer dalam areal bisnis
terfocus pada data. Pendekatan dilakukan pada masalah informasi dan pendukung
keputusan. Dan sekarang ini pemfokusan diarahkan pada komunikasi dan konsultasi
- Fokus awal pada data, Pengolahan Data Elektronik (EDP) kemudian berubah menjadi Data prosesing (DP) dan Sistem Informasi Akuntansi (S IA).
- Fokus baru pada informasi, Konsep penggunaan komputer sebagai S IM.
- Fokus revisi pada pendukung keputusan, Sistem pendukung keputusan
- Fokus pada Komunikasi, perhatian difokuskan pada otomatisasi kantor
- Fokus potensial pada konsultasi, contoh Sistem Pakar
b. Model SIBK
c. Pemakai SIBK
Pemakai SIBK terdiri atas 3, yaitu:
· para
manajer
· non
manajer
·
orang-orang dan organisasi lingkungan perusahaan
d. Sub sistem SIBK
Macam2 Sistem Informasi Berbasiskan Komputer
1. Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
2. Sistem Penunjang Keputusan (SPK)
3. Sistem Informasi Manajemen (SIM)
4. Otomatisasi Kantor (OA)
5. Sistem Pakar (SP)
1.Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
yaitu: Suatu sistem informasi yang melakukan proses
pengumpulan data dan pengolahan /pemprosesan data-data transaksi keuangan
perusahaan yang bersifat historis.
Ciri-2 / Karakhteristik SIA :
• Melaksanakan tugas yang diperlukan
• Menggunakan prosedur yang standart
• Menangani data yang rinci
• Berfocus pada histori
• Menyadiakan informasi pemecah masalah
Tugas pengolahan data :
• Pengumpulan data
• Manipulasi data
(pengklasifikasian,penyortiran,penghitungan,pengikhtisaran)
• Penyimpanan data
• Penyiapan dokumen
Laporan / informasi yang dihasilkan SIA :
• Jurnal L/R
• Jurnal Umum
• Neraca Saldo.
• Dll
2. Sistem Penunjang Keputusan (SPK)
Sistem penunjang keputusan adalah :
Suatu sistem informasi yang membantu pihak manajemen dalam
melakukan penyelesaian masalah yang bersifat semi terstruktur.
Ciri-2 /Karakteristik SPK :
• Menyelesaikan Maslah semi terstruktur
• Analisa canggih
• Sistemnya friendly dengan user
3. Sistem Informasi Manajemen (SIM)
Merupakan sistem informasi yangmenghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen
Sistem informasi Manajemen adalah serangkaiansub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan.
4. Otomatisasi Kantor
Otomatisasi kantor yaitu :
Pengoptimalan kemampuan komputer dalam melaksanakan
pekerjaan pada suatu kantor.
Ciri-2 otomatisasi kantor :
-Segala hal yang berbau kertas dirubah ke dalam bentuk file
-Efisien
Ruang lingkup Otomatisasi Kantor :
•
e-mail
* Audio conference
• Voice
mail
* Faximili
• Video
converence
* d l l
• Video text
• Pencitraan
5. Sistem Pakar
Merupakan sistem informasi yangmenghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen
Sistem informasi Manajemen adalah serangkaiansub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai denganmgaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar