Kamis, 02 April 2015

SEJARAH SINGKAT DAN PENGERTIAN TENTANG BASIC



Pada jurusan D3 manajemen informatika yang saya pilih, disitu terdapat mata kuliah Algoritma dan Pemrograman. Dan materi awal yang saya dapatkan adalah tentang Q.Basic. Disini saya akan berbagi sedikit ilmu yang saya ketahui. Tapi sebelumnya mari kita cari tau sejarahnya.

Sejarah singkat BASIC

BASIC singkatan dari Beginner's All-Purpose Symbolic Instruction Code. Pada tanggal 1 mei 1964, penemu dari bahasa BASIC,yaitu profesor Jhon G.Kemeny dan Thomas E.Kurtz di Dartmouth College di New Hampshire menjalankan pertama kali program BASIC. Tujuan bahasa ini dikembangkan untuk mahasiswa yang mempelajari microprosessor. Dibandingkan dengan bahasa lain, BASIC mempunyai bentuk yang sederhana sehingga lebih mudah dipelajari. Kemampuan BASIC cukup baik sehingga dapat berkembang dengan cepat dan banyak digunakan untuk pemrograman komputer mikro.

Setiap komputer mempunyai kemampuan sendiri-sendiri, sehingga bahasa ini disesuaikan dengan kemampuan dari komputernya. Hal inilah yang menyebabkan BASIC menjadi bemacam-macam versi.

Versi-versi bahasa BASIC yang digunakan antara lain BASICA,GWBASIC,MICOROSFT BASIC dan QUICK BASIC.

Bahasa BASICA dan GWBASIC biasanya ada pada system  operasi DOS. Perintah pada BASICA dan GWBASIC sama saja, perbedaannya hanya pada komputer yang dipakai.

BASICA tidak dapat dijalankan pada PC/AT. Sehingga untuk menjalankan bahasa BASIC pada PC/AT harus menggunakan GWBASIC.

Perintah yang diberikan dengan mempergunakan bahasa komputer terlebih dahulu diterjemahkan ke bahasa mesin. Proses penterjemahan ke bahasa mesin menggunakan penterjemah. Penterjemah bisa berupa INTERPRETER atau KOMPILER.

INTERPRETER menterjemahkan perintah setiap baris dan langsung dijalankan.
KOMPILER menterjemahkan seluruh perintah yang ada baru dijalankan.

Pada tahun 1983 komputer mikro yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah komputer mikro Apple II dan bahasa BASIC yang paling banyak digunakan adalah MBASIC.

Perkembangan perangkat keras yang begitu cepat memaksa komputer Apple II tergeser kedudukannya dan digantikan oleh oleh komputer IBM PC dan kompatibelnya. Seiring dengan itu penggunaan bahasa BASIC pun mengalami perubahan meyesuaikan dengan komputer yang digunakan. Pada komputer ini, BASIC yang paling banyak digunakan adalah BASICA.

Jadi kesimpulannya Pengertian Qbasic adalah salah satu bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa basic, Qbasic sendiri singkatan dari Quick Basic yang merupakan salah satu produk Microsoft Qbasic yang cukup baik untuk belajar dasar pemrograman.

Setelah mengetahui mengenai Pengertian QBasic, mari kita lihat bahasan selanjutnya.

Tipe data pada Qbasic

Tipe data numerik integer
Tipe Ukuran memory jangkauan nilai
Byte 1 byte 0 .. 255
Shortint 1 byte -128 .. 127
Integer 2 byte -32768 .. 32767
Word 2 byte 0 .. 65535
Longint 4 byte -2147483648

Tipe data numerik real
Tipe konstanta numerik real berkisar dari 1E-38 sampai dengan 1E+38, nilai numerik
real menempati memory sebesar 6 byte.

Tipe data karakter
Nilai karakter berupa sebuah karakter yang ditulis diantara tanda petik tunggal.

Tipe data string
Berupa kumpulan beberapa karakter yang terletak diantara tanda petik tunggal.

Tipe data boolean.
Tipe data ini mempunyai dua nilai yaitu true & false.


Cukup sekian yang bisa saya share disini next time saya lanjutkan kembali.
Semoga apa yang saya pelajari bisa bermanfaat untuk teman-teman dan terima kasih..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar